Antonio Conte Optimis Mampu Memperbaiki Penampilan David Luiz

Keputusan Antonio Conte membeli kembali David Luiz dari Paris Saint Germain memang cukup mengejutkan. Bek tengah internasional Brazil tersebut kembali ke Stamford Bridge dengan nilai transfer 34 juta Poundsterling setelah 2 tahun lalu dijual senilai 50 juta Poundsterling ke Paris Saint Germain. David Luiz sempat mengundang banyak kritik pada saat datang ke Chelsea; kritik pedas mengenai seringnya Luiz kehilangan konsentrasi dalam penempatan posisi dan pengambilan keputusan menjadi salah satu alasan Chelsea kemudian menjual pemain tersebut. Maka ketika Conte membawa kembali Luiz ke Stamford Bridge; pertanyaan mengenai kualitas pemain belakang tersebut kembali muncul ke permukaan. Namun Conte menjawab dengan cukup diplomatis bahwa memperbaiki performa David Luiz merupakan tugasnya sebagai manajer.

Antonio Conte Optimis Mampu Memperbaiki Penampilan David Luiz

Antonio Conte menyebut bek tengah 29 tahun tersebut sebagai pemain belakang yang bagus dan membuktikannya dengan prestasi yang didapat sepanjang karirnya. Namun Conte juga mengakui bahwa dirinya sebagai manajer berharap Luiz mampu menjaga konsentrasi dan mengontrol emosi di sepanjang pertandingan. Conte juga mengatakan sangat senang berhasil menambahkan Luiz ke dalam daftar pemainnya. Sang manajer mengaku telah mempelajari kelemahan – kelemahan David Luiz dan telah menyiapkan metode untuk memperbaiki kelemahan – kelemahan tersebut. Perubahan gaya bermain yang dibawa Antonio Conte memang memaksa banyak pemain beradaptasi dengan strategi yang ingin diterapkan sang manajer. Perbaikan pada gaya bertahan saat kehilangan bola dan mencegah serangan lawan mencapai gawang sepertinya menjadi program penting yang tengah dikerjakan Conte.

 

Mantan manajer Juventus tersebut memang dikenal memiliki pendekatan unik dalam pertahanan serta memiliki kemampuan memoles kemampuan pemain belakang. Hal tersebut terbukti dengan sukses yang diraih Conte memoles kemampuan bertahan Giorgio Chiellini, Leonardo Bonucci dan Andrea Barzagli. Trio bek tengah Juventus tersebut menjadi pondasi mengubah gaya bermain Si Nyonya Tua dengan formasi 3 bek tengah. Sebuah pilihan strategi yang sukses membawa Juventus memenangkan gelar juara Serie A selama 5 musim berturut – turut meski Conte telah digantikan Massimiliano Allegri. Conte mengaku melihat potensi yang sama dapat ia maksimalkan dengan para pemain belakang Chelsea saat ini.

Bank Offline