Tite Merubah Selecao Dengan Pilihan Pemain Dan Pendekatan Permainan Berbeda

Brazil melanjutkan penampilan bagus di kualifikasi Piala Dunia 2018 setelah kembali menang pada pertandingan melawan Kolombia di Manaus. Neymar dan kawan – kawan melanjutkan sukses mengalahkan Ekuador dengan kemenangan 2 – 1 atas Kolombia pada partai kandang. Pergantian manajer ternyata mampu mengubah gaya bermain dan juga kondisi psikologis pada pemain Brazil. Selecao kini tampil lebih percaya diri dan memperlihatkan kerja sama tim lebih baik setelah ditangani Tite. Manajer dengan nama lengkap Adenor Leonardo Bacchi tersebut lahir di Rio Grande do Sul; sama seperti Dunga dan Luiz Felipe Scolari. Hanya saja Tite memiliki gaya berbeda ketika memimpin skuad dari tepi lapangan; ia terlihat lebih santai dan tenang jika dibandingkan dengan gaya Dunga atau Scolari. Ia merupakan manajer yang membawa sukses Corinthians di tahun 2010 – 2013 dengan memenangkan Copa Libertadores dan FIFA Club Wolrd Cup.

Kualifikasi piala dunia 2018 - Tite Merubah Selecao Dengan Pilihan Pemain Dan Pendekatan Permainan Berbeda

Permainan Neymar di kualifikasi piala dunia 2018 dibawah asuhan Tite juga memperlihatkan perkembangan. Kapten Brazil tersebut kini terlihat lebih dewasa dan banyak berperan sebagai kreator daripada pencetak gol utama tim setelah sempat tampil buruk pada beberapa laga awal di Olimpiade Rio lalu. Pada laga melawan Ekuador dan Kolombia; Neymar tampil lebih dingin dan memperlihatkan kontribusi besar meski tidak terlihat sangat dominan dalam mencetak gol. Meskipun begitu; Neymar berhasil mencetak gol pada 2 pertandingan tersebut dan sebuah gol saat Brazil mengalahkan Kolombia menambah catatan gol Neymar menjadi 48 dan menyamai catatan Zico.

 

(Baca juga: Bastian Schweinsteiger resmi pensiun dari timnas Jerman)

 

Kejutan yang dilakukan Tite saat menangani tim nasional Brazil bukan hanya tentang pendekatan gaya dan stretagi bermain; namun juga pada keputusan memanggil pemain ke tim nasional. Tite secara mengejutkan memanggil kembali Paulinho ke tim nasional Brazil; mantan gelandang Tottenham Hotspur tersebut kini bermain di Chinese Super League bersama Guangzhou Evergrande setelah tampil buruk di Liga Primer Inggris. Pualinho tampil bagus dan memperlihatkan kerja sama rapi dengan gelandang serang Renato Augusto yang juga merumput di Beijing Guoan. Tite juga memanggil kembali Fred yang pernah dinilai gagal sebagai penyerang di Selecao. Pilihan memasangkan Miranda dengan Marquinhos di kualifikasi piala dunia 2018 pada posisi bek tengah juga memperlihatkan ketenangan dan kepercayaan diri lebih tinggi jika dibandingkan dengan David Luiz yang sering terlihat panik ketika dalam tekanan.

Bank Offline